• Kumpulan kisah cerita menarik

    Tulisan-tulisan yang dimuat di sini diambil dari berbagai sumber, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
  • Pages

  • Arsip

  • Pilih Kategori

  • Blog Stats

    • 1,026 hits
  • Top Clicks

    • None
  • Top Posts

Kisah tentang Sebuah Foto yang Sangat Terkenal

Kisah tentang Sebuah Foto yang Sangat Terkenal

APA hubungan negara Kuba dengan Kesebelasan PSS Sleman? Memang tidak ada. Tetapi, pendukung Kesebelasan PSS Sleman memasang gambar Ernesto “Che” Guevara-yang merupakan salah satu menteri dalam kabinet Kuba yang dibentuk Fidel Castro di awal tahun 60-an-di punggung mereka. Mengapa bisa demikian?

DEMIKIANLAH, salah satu foto Che Guevara seperti telihat dalam bingkai aslinya di Foto 1 memang telah begitu mendunia. Ia bisa kita lihat di aneka T-shirt yang dijual di Jalan Malioboro, Yogya, atau di Pasar Baru, Jakarta. Ia juga bisa kita dapatkan di emblem-emblem yang dijual di toko perlengkapan ABG atau di pin-pin dan aneka penghias topi.

Dalam sebuah diskusi yang dilakukan beberapa fotografer dari berbagai negara, pernah disepakati bahwa foto Che Guevara itu adalah foto yang paling banyak dicetak di dunia. Diperkirakan, sudah miliaran kopi foto itu beredar dalam berbagai bentuk dan ragam.

Begitu populernya foto itu sampai banyak orang sudah tidak tahu dan tidak mempersoalkan lagi itu foto siapa. Beberapa suporter Kesebelasan Sleman yang memakai kaus Che Guevara hanya tertawa saat ditanya itu foto siapa. Seorang penjual kaset di Kuta, Bali, bahkan mengatakan bahwa itu adalah foto penyanyi reggae terkenal Bob Marley saat rambutnya belum dibuat gimbal. Sementara seorang anak sekolah dasar, yang memakai gambar Che Guevara di topinya, menganggap Che adalah sejenis Superman, Batman, dan Robin.

Kaya rayakah fotografer pencipta foto itu? Ternyata tidak!

Alberto Korda, yang membuat foto itu, bisa dikatakan tidak mendapat uang sama sekali dari karyanya. Korda hanya sempat mendapat uang dalam jumlah cukup banyak saat ia menang di pengadilan London pada tahun 2000 lalu. Saat itu Korda merasa bahwa pemakaian foto Che Guevara sebagai sebuah iklan minuman Vodka di London sudah kelewatan. Namun, uang yang dia dapat dari perusahaan Vodka itu pun tidak dinikmatinya karena lalu ia sumbangkan ke sebuah yayasan sosial di Kuba.

Alberto Korda meninggal dunia di Paris, Perancis, pada 25 Mei 2001, dalam usia 72 tahun.

SAAT ini sungguh banyak foto yang sudah jadi legenda dunia, misalnya, foto pendaratan manusia di bulan atau foto wajah Albert Einstein. Popularitas sebuah foto muncul dari peristiwa yang menjadi latar belakang foto itu.

Namun, kenyataan bahwa foto Che Guevara seperti yang dibahas di tulisan ini bisa begitu terkenal sungguhlah sebuah keajaiban. Foto itu bahkan diabaikan Korda sampai tujuh tahun setelah dibuat.

Saat itu, 4 Maret 1960, di Havana, ibukota Kuba, Presiden Fidel Castro memimpin upacara penguburan 136 warga Kuba yang meninggal akibat kapal penumpang yang meledak di Pelabuhan Kuba.

Sebagai salah satu menteri, Che Guevara tentu hadir di upacara itu. Namun, Guevara tenggelam di bawah popularitas Castro yang saat itu sedang tinggi sekali. Korda yang hadir sebagai fotografer koran Revolution pun hanya memotret Guevara sekilas dalam dua frame saja. Film yang dipakai Korda adalah Kodak Tri-X Pan, yang sampai saat ini pun masih bisa didapatkan di pasaran.

Baru saat Guevara terbunuh di Bolivia, tahun 1967, Korda pun sibuk mencari negatif foto karyanya itu. Beberapa koran di Eropa membutuhkan foto tersebut. Sejak saat itu pulalah foto Guevara karya Korda ini mendunia tanpa batas.

“Saya kira foto itu menjadi populer karena sekilas seperti ikon,” kata Korda sekenanya pada suatu ketika.

ALBERTO Korda dilahirkan sebagai Alberto Diaz Gutierrez pada akhir tahun 1928 di Havana, Kuba, sebagai anak seorang pegawai jawatan kereta api. Nama Korda diambilnya dari nama dua orang sutradara asal Hungaria yang memfilmkan kehidupan politik di Kuba tahun 50-an, Zoltan dan Alexander Korda. Waktu itu, Korda muda membantu keduanya sebagai asisten sutradara..

Selanjutnya, popularitas foto Che Guevara itu mendongkrak harga foto-foto lain karya Korda. Cobalah tengok situs http://www.cuba-photo.com. Harga foto-foto karya Korda terus membumbung di situ sampai harganya pun baru bisa diperoleh lewat peneleponan pribadi ke nomor yang diberikan situs itu.

Berapa harga cetakan asli foto Che Guevara itu saat ini? Konon ribuan dollar AS selembarnya. Dan, peminatnya masih sangat banyak sehingga konon untuk sementara tak dibuat cetakan baru lagi. (arbain rambey)

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: